Informasi Gadget Smartphone Handphone beserta Tips Trik mudah dengan Gambar

Cara Upgrade BlackBerry OS

Upgrade atau menaikkan versi dari BlackBerry OS merupakan hal yang sudah biasa dilakukan oleh orang-orang yang sangat senang berkecimpung di dunia BlackBerry. Kebiasaan-kebiasaan ini sudah seperti menjadi kecanduan. Sehingga setiap ada keluaran dari versi BlackBerry OS, banyak yang akan mencobanya, apakah sekedar iseng, atau memang sangat membutuhkannya untuk lebih memperbaiki kinerja dari perangkat BlackBerry nya.

Bagaimana cara upgrade blackberry os?, sebenarnya sama saja dengan cara-cara memperbaiki os blackberry, atau sama juga dengan menangani error-error dari sistem operasi yang sering ditemui di perangkat BlackBerry OS, seperti; error 100, error 102, error 501, dan ada beberapa error lagi yang banyak ditemui seputaran masalah sistem operasi BlackBerry OS.

Dan untuk error-error tersebut memang penanganannya harus melalui upgrade blackberry os, atau bisa juga kita lakukan reinstal blackberry os.
Seperti yang sudah saya katakan dibeberapa postingan tutorial cara upgrade blackberry os sudah banyak di kemukakan dan ditulis oleh para pakar blackberry dan blog-blog seputar teknologi.

Beberapa pakar blackberry mengatakan bahwa sistem operasi blackberry itu cocok-cocokan dengan perangkat, dalam artian dengan perangkat yang sama boleh jadi versi dari sistem operasi yang sama tidak berjalan lancar, entah apa sebabnya yang jelas memang beberapa kasus sempat ditemui. Namun menurut saya semua itu kembali bagaimana cara menggunakan perangkat blackberry itu sendiri. Sehingga pengguna dapat merawat perangkatnya sendiri. Alhasil perangkat tersebut menjadi cocok dengan penggunanya.

Kepanjangan ya pembukanya., hehehe, baiklah mari kita mulai langkah-langkah, dari proses cara upgrade blackberry os, sebagai tambahan pengetahuan baru bagi kita sehingga menjadi sebuah informasi yang dapat selalu kita gunakan nantinya.

Alat:

  1. Komputer; dan sudah pasti kita membutuhkan perangkat yang satu ini untuk melakukannya.
  2. Koneksi internet; ini juga kita perlu untuk mendownload apa saya yang kita butuhkan
  3. Kabel data; yang satu ini juga tidak dapat kita tinggalkan kalau mau sukses upgrade blackberry os
  4. Perangkat BlackBerry OS; kalau gak ada ini gak bakalan jadi proses berikutnya.
Persiapan:
  1. Bismillahirrohmanirrohim..
  2. Instal Desktop manager di komputer kita, bagi yang belum punya bisa di download disini,
  3. Download sistem operasi terbaru lalu instal di komputer, sesuaikan versi nya dan dengan perangkat yang kita pakai, sebagai refrensi update dari versi os bisa dilihat disini, ( lihat versi os alt+shift(aA)kiri+h)
  4. Hapus vendor.xml yang ada di folder C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader.
  5. Download dan instal BBSAK, tools ini difungsikan untuk backup aplikasi BlackBerry OS kita, download disini
Langkah-langkah:
  1. Matikan perangkat, cabut simcard dan mediacard (saran saya)
  2. Backup data perangkat blackberry os dengan desktop manager, butuh waktu beberapa menit (tergantung banyak tidaknya data), BBM versi 7 tidak akan terbackup kontaknya, dikarenakan sudah masuk dalam email di blackberry id, sehingga restore kontak bbm hanya membutuhkan kita memasukkan blackberry id di perangkat kita lihat chat history bbm
  3. Backup aplikasi kita dengan menggunakan tools BBSAK butuh waktu beberapa menit (tergantung banyak tidaknya aplikasi)
  4. Setelah backup selesai masih dibbsak jalankan wipe device, butuh waktu beberapa menit
  5. Setelah muncul Reload os 507 jalankan loader.exe yang ada di folder C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader,
  6. Ikuti proses dengan menekan next, hingga muncul pilihan aplikasi yang akan ikut di masukkan.
  7. Kemudian finish. Tunggu proses upgrade blackberry os hingga selesai.
  8. BlackBerry akan mengalami loading pertama mungkin agak lama.
  9. Setelah masuk di homescreen blackberry os, lakukan pengecekan apakah os berjalan normal, tidak mengalami berhenti dan lain-lain (saya sarankan untuk buka menu satu-satu)
  10. Setelah dipastikan normal matikan perangkat, cabut battery beberapa saat, lalu pasang lagi.
  11. Loading ke dua selesai lakukan hal yang sama dengan loading pertama, dika dipastikan normal silahkan melanjutkan dengan restore data dengan destop manager blackberry.
  12. Pastikan data-data yang direstore adalah data-data yang penting saja, (saya sarankan untuk memilih pilihan selection untuk proses ini)
  13. Setelah selesai lakukan restore aplikasi dari BBSAK, ini boleh tidak kita lakukan dikarenakan mungkin kita menganggap aplikasi ini perlu direstore atau kita lebih suka mendownload ulang aplikasi tersebut, saya rasa sama saja.
  14. Perangkat akan restart dan reboot untuk beberapa saat jika kita melakukan restore, jika tidak cukup matikan cabut battery lalu masukkan simcard dan media card ke blackberry.
  15. Selesai.
Proses tersebut saya rasa adalah proses normal dalam cara upgrade blackberry os, sedangkan banyak pakar melakukan proses yang extra ketika akan melakukan upgrade blackberry os, dan hal ini saya rasa perlu dicoba jika kita sudah terbiasa dengan melakukan proses normal ini. 

Mulai lah belajar melakukan upgrade blackberry os kita sendiri, namun jika kita ingin sekalian melakukan sedekah dengan datang ke konter dan mempercayakan perangkat kita dengan konter langganan kita, saya sangat sarankan juga hal ini. Sekalian silaturahim dan bersedekah, Insya' Allah berkah untuk anda, dan berkah untuk konter tersebut.

Postingan cara upgrade blackberry os ini ditulis agak panjang ya, karena memang inilah langkah-langkah, dari tutorial upgrade blackberry os, dan merupakan sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh konter untuk perangkat blackberry yang membutuhkan upgrade. Semoga yang sedikit bermanfaat sebagai tambahan pengetahuan kita, sebagai informasi yang berguna nantinya. Terimakasih.

*Untuk kali ini saya tidak menggunakan gambar, karena belum sempat capture, Insya' Allah ada waktu saya capture dan saya update disini. 


3 komentar:

  1. gan ane dah coba cara di atas ane mau pasang os bb 9530 yang 500 1041 east asia
    setelah muncul pin dan klik next ..... tapi gk ada aplikasi bawaan yang harus di ceklist jd gak bisa ke proses brikutnya

    punya solusinya gak gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah hapus vendor.xml gan., ente bisa pm ane dimari gan, Insya' Allah ane bantu dontbealone.me@googlemail.com

      Hapus

    2. makasih info nya gan,kunjungi juga blog ane DISINI
      http://masters-gadget.blogspot.co.id/
      http://masters-gadget.blogspot.co.id/
      http://masters-gadget.blogspot.co.id/

      Hapus

About

BBCustoms tempat berbagi segala hal tentang Gadget, berita, tips dan trik, tutorial, cara repair, perbaikan, software. Selamat Membaca, Terimakasih telah mampir
Copyright © Blackberry Customs. All rights reserved. Template by CB