Informasi Gadget Smartphone Handphone beserta Tips Trik mudah dengan Gambar

Dimanakah File Backup Chat WhatsApp tersimpan


Semua pengguna Aplikasi percakapan whatsapp pastinya pernah merasakan eman(sayang) jika percakapannya ada yang hilang. Terutama bagi pedagang-pedagang atau markiting-marketing atau bisa jadi orang biasa. Dan percakapan ini bisa jadi rumit jika pengguna ingin pindah perangkat atau mengganti perangkatnya.

Saya menuliskan sedikit mengenai fitus percakapan WhatsApp ini, yang ada di aplikasi tersebut namun justru terkadang diabaikan penggunanya.

Ada dua fitur backup chat atau percakapan aplikasi whatsapp yaitu Archive dan Backup, beda keduanya adalah, jika archive bisa kita kirim langsung dengan email sedangkan backup tidak. Dan mungkin ada lagi perbedaan lain yang tidak begitu saya perhatikan.

Dalam tulisan ini saya menuliskan Dimanakah File Backup Chat WhatsApp tersimpan. Jadi saya menunjukkan bagi pembaca file tersebut tersimpan dimana.

Langsung saja supaya tidak terlalu panjang.

Detail dari tutorial ini bisa dilihat di video dibawah
Dimana File Backup WhatsApp Tersimpan



Pertama sekali pembaca harus menon-aktifkan jaringan data, atau bisa juga masuk mode pesawat.

Pembaca bisa langsung buka aplikasi whatsapp lalu pilih titik tiga dipojok kanan, kemudian pilih pengaturan

Kemudian pilih chat dan pilih chat backup.
tunggu hingga selesai, ada pilihan lain untuk backup chat whatsapp ialah menggunakan email, namun sayang jika kita tidak memiliki signal internet proses ini tidak akan berjalan. anggap saja pilihan ini menjadi opsional buat kita, dengan kata lain boleh iya, boleh lewati.

Setelah proses selesai backup

Pembaca bisa langsung buka file manager
lalu cari folder WhatsApp kemudian akan muncul didalamnya Folder Backup, Databases, serta Media.

Didalam folder Databases itulah terdapat file hasil Backup dari Percakapan WhatsApp. Namun backup dalam proses offline ini hanya mencadangkan percakapan saja, tidak untuk mencadangkan media, jika pembaca ingin keseluruhan terbackup, bisa menggunakan backup online menggunakan akun gmail yang saya bilang opsional tadi, namun jelas akan memakan penggunaan data yang banyak.

Kemudian jika pembaca ingin memindahkan aplikasi whatsapp di perangkat lain, pembaca bisa langsung meng-copy folder databases tadi keperangkat lain.

Masukan ke folder yang sama yakni folder WhatsApp. dan jika ingin juga memindahkan media ke perangkat lain, lakukan hal yang sama, meng-copy folder media dan masukan kedalam folder WhatsApp diperangkat yang lain.

Demikian tulisan singkat dengan gambar yang dibuat untuk memudahkan pembaca mencari Dimanakah File Backup Chat Percakapan WhatsApp tersimpan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

BBCustoms tempat berbagi segala hal tentang Gadget, berita, tips dan trik, tutorial, cara repair, perbaikan, software. Selamat Membaca, Terimakasih telah mampir
Copyright © Blackberry Customs. All rights reserved. Template by CB